Logo
 Project List
Other Information Hotline 447
(021) 29459577, 0811802540, 081283140040 , 081282070763

Tips membeli Genset Bekas

1. Umur, jam kerja, pemakaian

Terdapat banyak sekali keuntungan membeli genset bekas pakai atau genset bekas yang tidak sering dipakai. Perusahaan kecil maupun besar seringkali membeli genset bekas karena efektifitas biaya yang tinggi dalam mendapatkan peralatan yang berkualitas dan atau alat berat. Tetapi bagaimanapun juga tetap ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Dimana itulah yang menjadi topic utama pada artikel ini.

Untuk memulai, kita mulai dengan memilih genset yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut beberapa factor utama yang perlu dipertimbangkan dalam membeli genset bekas tipe apapun (diesel, natural gas, electric, propane, gas, dll):

2. Sejarah produsen dan reputasinya

Saat membeli genset bekas yang dapat dipercaya, salah satu hal yang dapat anda periksa adalah jam kerja, umur dan sejarah dari genset bekas tersebut.

Pertama cari tahu sudah berapa jam genset tersebut dipakai, mesin genset biasanya mirip dengan mobil yaitu memiliki petunjuk odometer. Dan sebaiknya pula periksa untuk keperluan apa genset tersebut dipakai. Apakah dipakai dalam kegiatan sehari-hari secara terus menerus atau hanya digunakan sebagai mesin cadangan. Genset yang hanya dipakai sebagai cadangan biasanya mendapatkan perawatan yang lebih baik dibandingkan generator yang dipakai secara terus menerus sebagai sumber tenaga utama. Tetapi bagaimanapun juga berhati-hatilah karena seringkali informasi umur dan pemakaian dari genset sering tidak tersedia.

Penjual seringkali mendapatkan genset dari penyitaan, pelelangan dan lain-lain, sehingga penjual tidak mengetahui asal genset dan bagaimana pemakaiannya. Pada kasus ini, reputasi dan kemampuan teknik dari penjual menjadi sangat penting karena mereka yang akan memeriksa, menyetel, merakit, mencoba, dan memperbaiki jika ditemukan kerusakan sebelum menjualnya kembali.

Pembuatan dan model tidak menjadi faktor penting. Sejarah dan reputasi dari produsen adalah sangat penting jika anda memutuskan untuk menggunakan mesin bekas karena anda membeli produk tempat anda bergantung untuk kebutuhan listrik anda (baik anda membeli generator untuk pasokan listrik utama maupun hanya cadangan saja), bukan saatnya anda mengambil resiko pada merek yang tidak jelas.

Sebuah ide yang baik untuk memilih produsen yang terpercaya yang telah mempunyai reputasi baik dalam memproduksi produk yang tahan uji dan tahan lama, dan anda juga dapat dengan mudah menemukan sparepart ketika anda membutuhkannya, produsen berpengalaman seperti Caterpillar, Cummins, Detroit Diesel, Onan, Kohler, John Deere dan masih banyak lainnya mempunyai sejarah yang panjang dalam memproduksi produk yang berkualitas tinggi dan tahan lama terutama jika diberikan perawatan yang baik.

3. Tingkat perawatan pemakaian terdahulu

Ini adalah salah satu hal dimana anda sulit mendapatkan informasinya, tetapi anda dapat dan bahkan harus memeriksa kemampuan penjualnya mengenai perawatan dan perbaikan mesin diesel, power units, transfer switches dan generator.

Anda dapat mengukur tingkat keahlian dari penjual dengan menanyakan prosedur yang digunakan untuk menyetel dan sebaliknya, apakah mereka punya alat testing untuk kerja di tempat klien, apakah staff mereka mempunyai sertifikasi, apakah staff mereka ahli dalam hal elektrik dan lain-lain. Hal ini sangat penting karena generator yang dirawat dengan baik maupun generator yang dirakit ulang mempunyai hidup yang lebih lama dibandingkan generator yang hanya berpindah tangan dari penjual ke pengguna maupun pengguna ke pengguna tanpa di rawat maupun di rakit ulang.

Langkah anda yang berikutnya adalah pemeriksaan, sebuah generator seperti halnya dengan mesin-mesin lainnya pasti mengalami kerusakan akibat kecelakaan pada penggunaannya sehari-hari, periksa semua komponen mekanis yang terkena dampak kerusakan, periksa apakah komponen mengalami keretakan ataupun kerusakan, jika anda menemukannya maka komponen tersebut harus diganti dan sebaiknya diganti dengan sparepart yang sudah dianjurkan oleh produsennya.

Sekali-kali anda mungkin menemukan generator dengan sparepart yang tidak original/asli, berarti ada sesuatu yang sudah pernah diganti dan selama ternyata generator tersebut berjalan dengan sangat baik maka anda tidak perlu membatalkan pembelian anda selama komponen tersebut dipasang oleh teknisi yang sudah ahli dan telah diuji secara berkala serta mendapatkan garansi dari penjual.

4. Kerusakan fisik pada unit generator

-Pemeriksaan
Penggantian komponen yang rusak
Periksa las untuk memastikan, juga periksa komponen listrik dan kabel untuk memastikan, periksa isolasi kabel untuk menghindari gangguan kerusakan. Semua sparepart yang bermasalah harus diganti.

Pemeriksaan kabel dan las
Jika penjual belum menggantikan komponen yang rusak maka perlu dipastikan bahwa komponen yang rusak itu harus diganti mengingat fungsi dan kondisi generator. Hal ini untuk memastikan bahwa sparepart ini tidak mengakibatkan kerusakan pada generator saat menjalankannya. Komponen yang rusak ini menjadi hal yang perlu diperhatikan selama generator berjalan. Karena hal ini sangat susah diperiksa selama generator berjalan.

Oleh karena itu, demi keamanan, penggantian komponen yang rusak sebaiknya dilakukan. Begitu pula dengan baut dan penguncinya.

5. Kemampuan saat uji beban kinerja

Ini adalah test yang paling umum yang harus dilakukan oleh semua penjual tetapi anda tetap harus memastikannya, test ini membantu menentukan efisiensi dari keseluruhan kekuatan dari genset. Seberapa baik sebuah genset merespon bermacam-macam penggunaan berat akan memberitahu anda seberapa batas kekuatan dari genset tersebut.

Jenis dari output kekuatan elektrik sebuah genset juga akan memberikan indikasi mengenai kondisi genset tersebut. Pemeriksaan perlu dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Pemeriksaan perlu dilakukan sebanyak 3 kali untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Perusahaan tempat anda membeli (Pedagang perantara atau distributor)

Karena siapa saja dapat menjual genset melalui iklan, melalui eBay dan lain-lain, tentu saja itu bukan kondisi yang menguntungkan bagi pembeli. Industry genset adalah industry yang kompleks, setiap komponen kecil pada mesin memerlukan perawatan dan pemeriksaan oleh teknisi ahli agar mesin dapat memberikan hasil yang optimum dan dapat bekerja saat anda membutuhkannya, kita tidak menyimpan genset cadangan untuk tidak menggunakannya!

Walaupun genset dapat dijual dengan berbagai tingkatan harga namun sebaiknya pastikan anda mendapatkan perusahaan yang professional dan dapat dipercaya. Seringkali anda harus menggunakan jasa perantara ketika anda tidak yakin apa yang anda butuhkan. Tetapi berhati-hatilah karena anda harus membayar komisi atas pembelian yang anda lakukan dan terutama biasanya mereka tidak mempunyai domisili bisnis yang pasti dan tidak mempunyai teknisi serta tidak mempunyai alat testing.

Untuk menghindari resiko, tentu saja kami sarankan untuk memilih perusahaan professional yang sudah berpengalaman dalam industry genset ini, seperti yang kami tawarkan di Atlanta Gen – perusahaan yang sudah berpengalaman dan yang terus semakin berkembang.

7. Garansi

Oleh karena anda membeli genset bekas, tentu saja anda tidak mungkin mendapatkan garansi jangka panjang, tetapi bagaimanapun juga anda harus dipastikan untuk mendapatkan garansi terbatas antara 1-3 bulan setelah pembelian.

Kebanyakan penjual yang sudah professional yang ahli dalam memeriksa dan merawat gensetnya, akan memberikan garansi antara 1-3 bulan, dan tentu saja Atlanta Gen juga memberikan garansi atas semua produk yang dijual.

Demikian beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam membeli genset bekas, semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan sedikit keterangan untuk membantu anda mendapatkan genset bekas yang terbaik.