Logo
 Project List
Other Information Hotline 447
(021) 29459577, 0811802540, 081283140040 , 081282070763
Article Tips Keamanan Genset about us 1
Tips Keamanan Genset

Tips Keamanan Genset

Kebutuhan akan genset memang sangat dibutuhkan jika dalam keadaan darurat seperti mati lampu mendadak. Pilihan untuk mendapatkan genset tersebut bisa dengan cara rental genset atau beli langsung di toko elektronik. Namun banyak orang yang lebih memilih untuk rental genset daripada membelinya. Karena harga sebuah generator listrik cukup mahal, jadi lebih baik untuk rental genset di mana harga sewa nya lebih murah.



Rental Genset, tapi tahu tidak bahaya jika menggunakan genset secara sembarangan ? Banyak orang yang rental genset tetapi tidak paham bagaimana cara menggunakan generator yang benar. Akibat nya bisa menimbulkan bahaya diantaranya :

Keracunan kanbon monoksida (CO)
Genset merupakan peralatan elektronik di mana dipenuhi oleh gas CO. Jika digunakan secara sembarangan, maka akan mengkibatkan keracunan para pengguna nya secara tidak sadar karena sifat dari zat tersebut yang tidak terlihat atau pun tercium.

Mudah tersengat listrik
Genset difungsikan untuk menghasilkan listrik, di mana fungsi tersebut sama dengan sebuah gardu listrik yang daya listrik nya cukup besar dan berbahaya. Jika tidak hati-hati dan sembarangan dalam menggunakan, maka akan lebih mudah tersengat listrik.

Kebakaran
Jika penempatan dan penggunaan genset tidak hati-hati, maka akan menjadi pemicu terjadi nya kebakaran. Apalagi di dalam rumah atau gedung terdapat banyak bahan-bahan yang mudah terbakar.

Rental Genset, sudah tentu si penyewa harus mengerti dan memahami betul bagaimana cara menggunakannya. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang memilih untuk rental genset tidak tahu cara menggunakan terlebih lagi keamanan dalam menggunakan genset tersebut. Bagaimana dengan kemananan genset ?

Pastikan genset digunakan pada lokasi yang berventilasi baik. Usahakan juga penggunaannya di luar ruangan yang jauh dari semua pintu rumah, dan jendela.
Jangan pernah menggunakan genset di garasi atau pun pintu yang terbuka.
Pastikan juga asap dari genset tidak bisa masuk ke dalam rumah atau gedung dari pintu masuk dan juga jendela.
Instal juga alarm karbon monoksida (CO) pada rumah atau gedung yang akan menggunakan genset. Pastikan ikuti petunjuk penggunaan dan juga penempatan alarm tersebut.
Sebelum isi bahan bakar, pastikan terlebih dahulu bahwa generator tersebut dalam keadaan mati total atau sampai generator menjadi dingin.
Perlu diperhatikan, bahwa jangan mengisi bahan bakar ketika generator sedang beroperasi.
Simpan bahan bakar yang akan digunakan oleh genset tersebut ke dalam wadah. Jangan lupa untuk berikan label dan simpan wadah tersebut jauh dari ruang tamu.
Gunakan genset sesuai dengan buku petunjuk penggunaan yang pasti terdapat pada genset ketika Anda rental genset.

More Article

Tips membeli Genset Bekas
Engine For Marine, Engine Nissan RG8